LOYALITAS & KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NASABAH PADA BANK CNB KOTA MALANG

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat ditandai dengan pertumbuhan industri perbankan yang ada dalam negara tersebut. Semakin berkembang industri perbankan maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Salah satu usaha jasa yang menawarkan berbagai kebutuhan masyarakat akan jasa pelayanan keuangan, maka usaha jasa perbankan selain mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai nasabah, juga harus mengedepankan kepercayaan, karena dapat dikatakan bahwa industri perbankan adalah merupakan industri yang menjual kepercayaan kepada masyarakat sebagai nasabahnya.

Masyarakat sebagai konsumen atau pasar yang dituju oleh industri perbankan  memiliki berbagai pertimbangan dalam memilih usaha jasa perbankan yang akan digunakannya, hal tersebut dapat dilihat dari faktor tingkat bunga yang ditawarkan oleh perbankan kepada masyarakat, tingkat kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat dalam hal penyimpanan uang pada bank tersebut, juga mengenai kemudahan dalam memperoleh pinjaman.

Faktor-faktor tersebut yang menjadi dasar pertimbangan masyarakat untuk memilih jasa perbankan, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat membentuk loyalitas pada diri masyarakat akan bank yang dijadikan sebagai pilihan yang dipercayainya.

Keberadaan jasa perbankan dalam masyarakat memang lebih menguntungkan terutama pada sektor perekonomian, di mana para pelaku ekonomi lebih leluasa dalam menjalankan proses kegiatan ekonominya untuk menunjang kelangsungan hidup. Usaha jasa perbankan dalam masyarakat yang mengedepankan pelayanan yang baik demi memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai nasabahnya akan menghadapi berbagai macam keadaan atau pandangan yang timbul dari masyarakat sebagai ungkapan kepuasan atau ketidakpuasannya akan pelayanan yang diterimanya dari pihak bank yang dipercayainya.

Di kota Malang dan sekitarnya telah berdiri beberapa bank yang menawarkan jasa perbankan, baik bank yang dimiliki oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Di antaranya Bank Rakyat Indonesia, (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Centratama Nasional Bank (CNB) dan lain sebagainya. Kehadiran bank-bank tersebut, secara ekonomi memberikan keuntungan kepada masyarakat umum khususnya para pelaku ekonomi.

Menyadari akan berbagai hal di atas maka dalam PKL ini saya memilih bank CNB sebagai objek melakukan kegitatan pkl, dengan maksud untuk mengetahui seperti apa dan bagaimana loyalitas nasabah terhadap pelayanan pihak perbankan dalam hal ini Bank CNB. Karenanya perlu dilakukan kajian lebih mendalam mengenai kualitas pelayanan Bank CNB.

1.2 KONDISI UMUM PERUSAHAAN

1.2.1 DISKRIPSI PERUSAHAAN

Bank adalah Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak atau dengan pengertian lain Bank adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa

Sejak berdiri Bank CNB telah memenuhi neraca, tingkat keuntungan dan caranya berbisnis, sehingga kini menjadi bank yang paling disukai di Indonesia. Salah satu pencapaian terbesar Bank CNB adalah merampungkan renovasi kerangka dasar (Platform) teknologinya. Perusahaan mewarisi 90 kerangka dasar teknologi. Bank CNB kini memiliki kerangka teknologi terpadu yang menghadirkan inteface untuk nasabah. Dengan demikian proses kerja di balik meja para nasabah akan lebih efisien, pembenahan kerangka teknologi yang seluruhnya butuh waktu tiga tahun.

Bank CNB juga telah berupaya menciptakan tim manajemen yang tangguh dan professional yang beroperasi dengan prinsip international standar governance control & compliance. Bank ini diawasi oleh Dewan Komisaris. Para komisaris ini adalah anggota terhormat dari masyarakat keuangan. Kendati hukum di Indonesia mansyaratkan komisaris dan direktur harus berkebangsaan Indonesia, Bank CNB telah merekrut sejumlah banker bukan berkebangsaan Indonesia guna menduduki posisi-posisi kunci.

1.2.2 VISI DAN MISI BANK CNB

Visi, Misi Setiap lembaga atau perusahaan yang didirikan selalu ada cita-cita atau latar belakang mengapa lembaga tersebut didirikan. Cita-cita inilah yang menjadi dasar arah dan gerak lembaga untuk melangkah. Bank CNB didirikan bukan tanpa arah dan tanpa tujuan, tetapi memiliki cita-cita luhur yang patut untuk diraih dan perlu menjadi penyemangat bagi pimpinan dan karyawan untuk mencapainnya

Selengkapnya bisa dijupuk PKL DWI

~ oleh SayuQi pada Desember 5, 2010.

Ada Masukan????????

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: